Laman

Senin, 17 Januari 2011

STRUKTUR INPUT OUTPUT

1.1 Memahami Struktur Input Output

Struktur paling dasar dalam sebuah pemrograman adalah struktur input-output. Perhatikan bagan berikut :
Dari bagan disamping terlihat input merupakan interface untuk memasukkan data, kemudian data diolah, selanjutnya hasil pengolahan ditampilkan pada komponen output. Proses merupakan langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan tranformasi input menjadi output. Sedangkan output dalam konteks ini merupakan hasil akhir proses pengolahan data input. Hasil pengolahan ini akan ditampilkan melalui device yang menangani masukan dan keluaran, seperti printer, floppy, layar monitor, file dan sebagainya.


1.2 Penggunaan Web Form

Suatu situs dapat dikatakan dinamis jika di dalamnya mampu melakukan interaksi user. Salah satu ciri interaksi yang dapat digunakan salah satunya menggunakan form web, pengunjung situs dapat mengirimkan data melalui masukan form web tersebut kemudian memperoleh respon halaman tertentu sesuai masukan yang diberikan.
Tag yang berperan dalam pembuatan form adalah tag <FORM>
. Dalam tag <FORM> terdapat atribut action yang nilainya berupa nama file yang akan diakses dan atribut method yang mempunyai pilihan nilai GET dan POST. Method GET digunakan untuk mengirimkan data kepada server sebagai satu kesatuan dengan string URL-nya, sedang methode POST data dari web form akan dikirim ke server secara terpisah dari string URL. Method GET mengandung banyak kelemahan, data yang dikirim user ke server akan dimunculkan bersamaan dengan URL, jika informasi yang dikirimkan berupa data rahasia, misalkan informasi password, keamanan menjadi lemah, selain itu method GET tidak dapat digunakan untuk mengirimkan data ke server dalam jumlah yang besar.

Dibawah ini adalah contoh web form :

Nama file :form_contoh01.html



Sedang file yang akan dijalankan ialah :

Nama file : contoh01.php



Dari contoh di atas kita bisa lihat, untuk mengambil data dari form yang menggunakan methode GET digunakan variabel $_GET. Variabel $_GET sudah diset oleh PHP untuk mengambil semua data GET.
Untuk data dalam bentuk POST, variabel yang digunakan adalah $_POST. Baik variabel $_GET maupun variabel $_POST, keduanya mempunyai tipe array, index dari variabel itu adalah semua data yang dikirim ke server, sedang elemennya adalah nilai dari data yang dikirimkan.

Perhatikan contoh dibawah ini :

Nama file : form_contoh02.html




Sedang file yang akan dijalankan ialah :

Nama file : contoh02.php




1.3 Komponen Interaktif untuk Input – Output

Beberapa komponen interaktif tersebut adalah textbox, combo box, commad button dan sebagainya. Pembuatan komponen interaktif bias menggunakan kode-kode pembuatan form yang ada pada HTML dan selanjutnya form akan dihubungkan dengan kode-kode pemrosesan menggunakan PHP.

a. Text Box
Berikut akan dibuat contoh pemakaian textbox pada HTML yang akan dihubungkan dengan program dari PHP. Buka editor (notepad atau yang lainnya) dan ketikkan kode skrip berikut :
Nama file : io_tbox.html



Simpan skrip diatas di folder yang telah (kalian) dibuat dengan nama io_tbox.html. Selanjutnya jalankan pada browser.
Tombol kirim pada tampilan diatas belum bias diproses, karena masih harus membuat program lain di luar HTML, yaitu io_tbox.php terlebih dahulu. Program ini adalah program yang akan dieksekusi jika dilakukan penekanan tombol kirim.

Nama file : io_tbox.php



Simpan program diatas dan jalankan tombol kirim pada form yang dibuat dengan HTML tadi. Hasilnya akan terlihat seperti ?

b. Combo Box
Selanjutnya akan dibuat contoh pemakaian objek interaktif combo box pada HTML yang akan dihubungkan dengan kode program dari PHP.

Nama file : io_combo.html





Simpan skrip diatas ke dalam localhost dan buka di internet browser, dan hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut :



Pada form tampilan diatas, klik tombol OK yang terhubung ke file io_combo.php. Adapun script file tersebut adalah :

Nama file : io_combo.php



c. Radio Button
Berikut akan membuat contoh pemakaian objek interaktif radio button pada HTML yang akan dihubungkan dengan kode program PHP. Terlebih dahulu buat kode HTML.

Nama file : io_radio.html



Nama file : io_radio.php




1 komentar:

Zein Okeh mengatakan...

mantap gan makasih dah share.. :)

Posting Komentar

 
Copyright (c) Cahaya Harapan - Blogger Templates created by BTemplateBox.com - Css Themes by metamorphozis.com